Mengenal Lebih Jauh Pohon Kudo

Sampai saat ini saya masih meraba-raba menganai tumbuhan yang sering ditanam dipinggir jalan terutama jalan raya antara Purwodadi – Semarang. Penduduk setempat menamakannya sebagai Pohon Kudo (seperti yang saya tulis pada posting sebelumnya), akan tetapi menurut penuturan para kawan blogger ada beberapa komentar seperti bahwa itu adalah pohon Gamal. Akan tetapi kalau saya amati memang ada kemiripan dengan pohon Gamal. Maka dari itu saya buat posting lagi yang masih berkaitan dengan Pohon Kudo sebagai tindak lanjut untuk mengungkap nama Pohon Kudo yang sebenarnya agar dapat diterima oleh kalangan umum.

Sebagai tambahan informasi mengenai Pohon Kudo berikut saya tampilkan bentuk daun Pohon Kudo adalah seperti berikut ini:

     

  

 

Sedangkan getah pohon Kudo yang sudah mulai mengering seperti pada gambar berikut:

  

 

Selain itu pada saat menjelang musim penghujan seperti ini, Pohon Kudo kelihatannya mulai meranggas yang diikuti dengan tumbuhnya bijih bunga berwarna kuning. Namun untuk bunganya belum tampak, jadi warna bunga belum saya ketahui (maklum baru-baru saat ini mengamati kok…). Gambar pohon Kudo yang sedang meranggas dan mulai bermunculan bijih bunga seperti tampak pada gambar berikut:

Itulah gambaran mengenai Pohon Kudo yang banyak dipergunakan sebagai pelindung atau peneduh jalan raya.

 

Iklan

21 thoughts on “Mengenal Lebih Jauh Pohon Kudo

  1. Faqih cah Lombok

    tau ga sih kulit batangnya adalah obat yang ampuh untuk menormalkan kadar gula darah pada penderita DM sampai batas normal

  2. Putu dharma w m

    Sy jg lg meneliti ini phn. Sy gogling jg blom nampak, eh ktm blog ini. Di bali namanya phn kayu santen, di surabaya dibilang phn kenari, tp gak ada yg pas di google… sifat getahnya bila kering sangat kuat menempel di plesteran semen. Dilepaspun tdk bs, bahkan bila dipaksa sy lepas, yg kalah malah semennya. Tp kelemahannya, dialam bila getah keringnya terkena air (hujan) dia akan lembek dan meleleh.Shg terpikir olehku mgkn bs bermanfaat utk lem. Lalu ketemulah diriku “cara membuat lem kaca sendiri “di gogle dg bhn getah pohon gom arab. Mgkn getah ini bs dijdkan alternatif, tp blom kucoba , mgkn kalian ada yg tertarik mo cb. Kedepan sy ingin memastikan getah inilah yg dipakai membuat rumah tradisional suku sasak dilombok( pls gogling). Disono phn getah tsb didpt dr phn bajur, mgkn sama dg phn ini. Mgkn pembaca ada yg org lombok dr suku sasak, hehe. Sy lbh tertarik ingin menggali lg teknologi lawas utk membuat rumah murah dr tanah liat seperti suku sasak itu dg salah satu bahannya adl getah phn . Dibali jg ada rumah tanah semacam itu( milik moyang sy), yg konon saat tragedi gempa singaraja – bali 6,8 sr, rumah tanah tsb tdk retak n tdk roboh. Sementara rmh semen laennya retak parah. Hehe, jd curhat. Smg kita bs temukan manfaat getah tsb utk semua…. amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s