Mengenal Lebih Jauh Pohon Kudo

Sampai saat ini saya masih meraba-raba menganai tumbuhan yang sering ditanam dipinggir jalan terutama jalan raya antara Purwodadi – Semarang. Penduduk setempat menamakannya sebagai Pohon Kudo (seperti yang saya tulis pada posting sebelumnya), akan tetapi menurut penuturan para kawan blogger ada beberapa komentar seperti bahwa itu adalah pohon Gamal. Akan tetapi kalau saya amati memang ada kemiripan dengan pohon Gamal. Maka dari itu saya buat posting lagi yang masih berkaitan dengan Pohon Kudo sebagai tindak lanjut untuk mengungkap nama Pohon Kudo yang sebenarnya agar dapat diterima oleh kalangan umum.

Sebagai tambahan informasi mengenai Pohon Kudo berikut saya tampilkan bentuk daun Pohon Kudo adalah seperti berikut ini:

     

  

 

Sedangkan getah pohon Kudo yang sudah mulai mengering seperti pada gambar berikut:

  

 

Selain itu pada saat menjelang musim penghujan seperti ini, Pohon Kudo kelihatannya mulai meranggas yang diikuti dengan tumbuhnya bijih bunga berwarna kuning. Namun untuk bunganya belum tampak, jadi warna bunga belum saya ketahui (maklum baru-baru saat ini mengamati kok…). Gambar pohon Kudo yang sedang meranggas dan mulai bermunculan bijih bunga seperti tampak pada gambar berikut:

Itulah gambaran mengenai Pohon Kudo yang banyak dipergunakan sebagai pelindung atau peneduh jalan raya.

 

17 thoughts on “Mengenal Lebih Jauh Pohon Kudo

Tinggalkan Balasan

