Pohon Kudo | Pohon Pelindung Jalan Di Daerahku

Lebih dari lima tahun aku melakukan perjalanan pulang pergi dari Godong-Semarang karena instansiku yang berada di wilayah Semarang. Akan tetapi baru-baru ini aku mengamati pohon yang berfungsi sebagai pelindung jalan yaitu Pohon Kudo (demikian penuturan masyarakat setempat ketika aku menanyakan pohon tersebut).

Sebelumnya aku tidak begitu mempedulikan pohon rindang yang melindungi tepi jalan tersebut. Awalnya ketika aku beristirahat sewaktu perjalanan ke Semarang tepatnya di daerah Gubug, didepanku terdapat sebuah pohon yang cukup besar. Anehnya pohon itu mengeluarkan Getah berwarna kuning kecoklatan yang cukup banyak. Getah tersebut keluar dari bagian Pohon Kudo yang terluka permukaan kulitnya.

Sejak itulah aku sangat tertarik pada pohon itu…namanya apa ya…? Setelah itu aku browsing di internet, …eh… ternyata nama Pohon Kudo ternyata tidak popular sehingga aku sangat kesulitan mengetahui sifat-sifat pohon itu. Mungkin nama lain untuk di daerah tertentu ada, tapi anehnya di internet kok benar-benar asing ya…(kata-kata Pohon Kudo).

Dan sekarang aku hanya mengetahui bahwa itu adalah Pohon Kudo. Kalau di daerah sobat apa namanya ya…?

Iklan

29 thoughts on “Pohon Kudo | Pohon Pelindung Jalan Di Daerahku

  1. Danu Akbar

    alamendah :
    Saya sebenarnya kurang tahu dengan nama ‘pohon kudo’. namun dari bentuk batang dan struktur percabangan, kemudian getah yang keluar dari batangnya (berwarna kekuningan-pucat saat basah dan menjadi kecoklatan saat kering) saya menduga itu pohon “Gamal” yang mempunyai nama latin Gliricidia sepium. Pohon ini memang banyak ditanam sebagai peneduh jalan ataupun peneduh tanaman lain.
    Seandaianya disertakan gambar daunnya mungkin saya bisa lebih yakin. Daunnya majemuk (satu tangkai ada beberapa anak daun) yang jumlahnya antara 5-17 (ganjil).
    Gamal di beberapa daerah disebut juga Jaranan. (“kudo” mirip “kuda” = jaran = jaranan; bisa jadi…). Juga disebut Klirisid (Gliriside) dan Sliridia. namun yang umum (setahu saya) disebut gamal atau jaranan.
    Biar lebih yakin silakan saja googling denga key “gamal” atau “Gliricidia sepium”
    Semoga bisa membantu.

    Mas endah emang maknyuss banget kalo ngomongin flora dan fauna 🙂
    Di derahku, nyebut kuda ya kudo. *o-nya balon hehe

  2. Ditter

    Wuih, pohon apaan tuh, ya….

    Btw, terlepas dari hal itu, saya sedih banget dgn kesadaran orang-orang yg memaku iklan/poster di pohon. Padahal paku itu bisa melukai pohon. Padahal, pohon itu sudah membuat jalan lebih sejuk dan rindang. COba kalau pohon-pohon itu nggak ada, pengguna jalan pasti akan kepanasan…..

  3. Ping balik: Mengenal Lebih Jauh Pohon Kudo « Blogger Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s