Tak Ada Kata yang Dapat Kujabarkan Kecuali “Ma’af”

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan yang tentunya dapat kita manfa’atkan dengan sebaik-baiknya. Artinya di Bulan yang penuh ampunan ini kita pergunakan untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya, minimal tentu saja dapat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan. Apabila kita dapat menjalankan ibadah Puasa selama satu Bulan penuh di Bulan Ramadhan dah dijamin dapat pahala buanyak dech…

Untuk dapat menjalankan ibadah Puasa satu Bulan penuh dalam Bulan Ramadhan ada kalanya mudah, ada kalanya sulit tergantung bagaimana  kondisi seseorang. Secara psikis bahwa Puasa dapat dijalankan dengan mudah, tenang dan tenteram apa bila antara sesama kita sudah saling ma’af-mema’afkan, artinya antara sesama anak Adam sudah tidak ada dosa, mengingat manusia adalah tempat berkubangnya dosa.

Pada menjelang Bulan Ramadhan ini saya tidak dapat menguraikan apa-apa selain judul “Ma’af”. Ucapan ma’af saya kuhaturkan pada kedua orang tua dan mertua saya yang telah menggulowenthah (:membimbing) saya.  Selanjutnya pada istri tercinta Umi Nurkhayatun yang selama ini telah banyak membantu saya yang antara lain dengan menjadi Guru PNS di SMP negeri 2 Penawangan Grobogan Purwodadi (http://umigoblog.blogspot.com) atau SMP Negeri Sedadi karena letaknya di dekat Bendungan Sedadi. Juga pada anak-anak saya yang kusayangi yaitu Ishoom Mu’afi N.A. dan Feyza Nawal Aisy N.A. apabila saya kurang dalam perhatian.

Ucapan ma’af juga saya sampaikan pada rekan-rekan kerja dalam senasib dan sepenanggungan yang tergabung dalam UNIMUS. Selain itu tidak lupa juga saya sampaikan ucapan ma’af pada sahabat blogger dan face book serta jejaring sosial lain yang tidak mungkin saya sebut satu persatu.

Semoga dengan permintaan ma’af tadi dapat memberikan pencerahan bagi kita semua tanpa ada unsur saling menyalahkan sehingga kita semua dapat menjalankan ibadah puasa dengan sukses.

Oh, ya bagi sahabat yang menginginkan jadwal imsakiyah Ramadhan dapat diunduh di sini.

6 thoughts on “Tak Ada Kata yang Dapat Kujabarkan Kecuali “Ma’af”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s