CARA MEMPEROLEH DANA PENELITIAN MELIMPAH

Penelitian merupakan sesuatu hal yang menantang dan mengasikkan.

Betapa tidak, apabila akan memulai mengerjakan sebuah penelitian pasti sudah dirancang secara matang, apa saja yang akan dilakukan di laboratorium atau di tempat pengujian.

Karena penelitian adalah sesuatu hal yang direncanakan jauh sebelum dilaksanakannya penelitian tersebut.
Sejak dimulainya pembuatan proposal yang ditujukan kepada instansi swasta atau pemerintah yang bersedia memberikan dukungan dana untuk menjalankan penelitiannya.

Mengingat dana untuk penelitian adalah sangat besar tergantung kedalaman penelitian yang akan dilakukan.
Sebenarnya banyak sekali sinstansi-istansi bahkan industri-industri yang bersedia memberikan donatur dalam penelitian, misalnya DP2M Dikti, Menristek, Diknas Jateng, Balitbang Jateng, Pertamina, insustri-industri swasta, dan sebagainya.

Jumlah dana yang diberikan untuk pelaksanaan penelitian sangat bervariasi, mulai 10 Juta sampai dengan 500 Juta bahkan 1 Milyard dalam setiap tahunnya.

Pelaksanaan penelitian, kalau mengungkinkan dapat diajukan lagi untuk tahun berikutnya sampai dua tahun ke depan yang biasanya dengan biaya yang mendekati tahun pertama.

Cara mendapatkan dana penelitian pada dasarnya sangat sederhana, hal ini saya peroleh dari para pakar-pakar peneliti yang sudah terkenal, seperti Prof. Ir. Djamasri, Ph.D selaku Dosen Teknik Mesin dan Industri di UGM Yogyakarta yaitu langkah pertama dengan mengadakan perkenalan dengan donatur penelitian tersebut.

Perkenalan dengan donatur dapat dilakukan dengan melakukan kunjungan ke instansi donatur tersebut dengan memperkenalkan potensi kita dalam bidang yang tepat dengan pemberi dana penelitian.

Dengan mengetahui potensi kita dalam segi penelitian yang relevan dengan permasalahan mereka maka tanpa adanya rayuan pasti mereka akan menghubungi kita apabila mereka mengalami suatu permasalahan yang perlu untuk diteliti.

Apabila belum ada instansi pemberi dana pada kita dapat dilakukan dengan kita yang aktif dalam memperoleh dana tersebut, antara lain dengan mengadakan komunikasi ringan sebagai tindak lanjut dari hubungan yang sudah dijalin.

Komunikasi ringan tersebut dapat berupa pembuatan proposal sebanyak dua atau tiga halaman saja dengan isi deskripsi secara jelas dari awal hingga akhir penelitian yang akan kita lakukan dengan meilahat permasalahan mitra.

Apabila permasalahan mitra sinkron dengan proposal yang kita ajukan bukan tidak mungkin kita mendapatkan dana penelitian tersebut.

Cara lain yang lebih mudah mungkin dapat dilakukan yaitu hanya dengan komunikasi lewat sms untuk menanyakan apakah ada permasalahan yang perlu dilakukan penelitian dengan dukungan potensi kita.

Dengan cara-cara tersebutlah ternyata kita sangat berpeluang sekali untuk melakukan penelitian dengan dana yang cukup menggiurkan.

Semoga posting ini dapat meberikan wawasan kita dalam memperoleh dana penelitian dari instansi pemerintah atau swasta bahkan dari industri pemerintah (BUMN) atau industri swasta.

Salam Sukses…

RELATED POSTING
1. Cara Meningkatkan Umur Pakai Kayu

21 thoughts on “CARA MEMPEROLEH DANA PENELITIAN MELIMPAH

  1. fajar

    mas aminn,… kmren tulisan saya disarankan untuk diangkat menjadi tesis… tetapi tempt penelitiannya diluar provinsi dan terhambat karena keterbatasan dana…Minta tips dan sarannya cara untuk mendapatkan donatur dalam mengadakan penelitian…dan minta dishare contoh proposal ke alamat email saya el_sdk88@yahoo.com

    atas perhatian dan bantuannya, terima kasih …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s