KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN MOTOR-JETMATIC

Blok Mesin Jetmatic retak

Sepeda motor dari jenis matic saat ini merupakan ibarat kacang goreng yang sedang laku dipasaran. Sangat laris dalam penjualannya. Hal ini disebabkan motor jenis matic sangat mudah dan sederhana didalam pengoperasiannya. Tidak perlu memikirkan handle kopling dan mengatur gigi persnelling dalam menjalankan motor. Jadi tinggal mengatur putaran gas dan rem saja dalam pengoperasiannya. Sehingga motor jenis ini sangat digemari oleh para ibu-ibu.

Desain body dari motor jenis ini boleh dikatakan pengembangan dari jenis vespa yang dimodifikasi. Akan tetapi dalam hal jenis engine jauh berbeda dengan vespa karena engine vespa hanya terbatas pada jenis 2 tak dan juga 2 taknya lain dari pada engine 2 tak yang lain seperti halnya Yamaha, Suzuki atau bahkan Honda.

Maka dari itu desain engine yang diadopsi dari motor jenis matic ini merupakan benar-benar jenis motor baru. Sudah menjadi hal yang wajar apabila ada jenis motor yang baru diiringi dengan banyak sekali kekurangannnya (kelemahannya). Dan kekurangan tersebut akan disempurnakan pada edisi keluaran yang selanjutnya.

Demikian juga dengan motor Matic baik itu dari produk Yamaha, Honda, Suzuki juga memiliki kelemahan yang sama yaitu rangka body yang kurang kuat dalam menahan beban kejut apabila dibandingkan dengan motor tidak jenis matic.

Hal ini dapat terbukti dengan problem yang sering terjadi dari berbagai produk tersebut bahwa pecahnya (hancurnya) blok mesin yang sekaligus sebagai rangka (penguat) motor Jet Matic tersebut. Seperti tampak pada gambar diatas.

Hal ini merupakan persoalan yang sangat vital. Karena apabila blok mesin ini pecah maka akan mengakibatkan kecelakaan yang cukup berat bagi pengemudinya terutama apabila dikendarai dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Motor akan mengalami bending (tekuk) pada bagian tengan motor. Disamping itu juga sangat rawannya keamanan spare part penyusun engine tersebut. Karena apabila terjadi patah pada blok mesin tersebut biasanya akan diikuti dengan rusaknya spare part engine yang berada didalam blok engine tersebut.

Hal itu tentu saja tidak akan terjadi apabila kondisi jalan rata yang tidak menimbulkan beban kejut terlalu tinggi. Semoga dengan membaca ini mendapatkan inspirasi dalam mengambil keputusan untuk memilih motor jenis matic. Mungkin tepat sekali apabila motor matic diperuntukkan bagi warga kota dengan kondisi jalan yang cenderung rata (tidak menimbulkan beban kejut terlalu tinggi).

About these ads

11 thoughts on “KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN MOTOR-JETMATIC

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s